GaryVee – Baik dan Buruk

Ternyata selama ini saya kerja sendirian, sedikit teman, sedikit yang paham dan sulit kalau diceritakan itu salah. Gary Vaynerchuck yang menyadarkan.

Saya banyak belajar dari menonton video-video GaryVee di Youtube. Saya kagum. Salut. Menaruh hormat dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya.

Pelajaran yang paling penting menurut saya adalah: pentingnya dokumentasi.

Apapun yang sudah saya lakukan, apapun yang sudah saya selesaikan, apapun yang pernah saya kerjakan, ternyata hanya jadi “portofolio masa lalu”. Beda hal dengan yang dilakukan GaryVee, dengan semua video yang sudah dibuatnya, Ia membangun “portofolio hidup”.

Terus, bedanya apa?

Ini pandangan saya:

  • Portofolio masa lalu – diceritakan setelah prosesnya sudah lewat. Tidak ada dokumentasi dalam bentuk konten apapun. Hanya bisa ditulis di CV atau portofolio untuk ngelamar kerja.
  • Portofolio hidup – ketika dijalani, dilakukan dokumentasi dalam bentuk konten. Bisa dalam bentuk tulisan dan video.

GaryVee membuat portofolio hidup. Apa yang Ia lakukan, diubah menjadi konten. Konten yang akhirnya menjadi dokumentasi yang bisa dilihat dan punya nilai untuk individu lain. Bisa jadi pelajaran, wawasan baru, dan opini yang menarik untuk orang-orang yang mungkin ada di industri yang sama dan melakukan hal sama.

Yaelah, ribet amat bikin dokumentasi. Terus kalo misalkan lagi ngerjain suatu proyek dan ternyata proyek itu gagal, malu dong buat jadi dokumentasi? Bikin reputasi jadi buruk, dong?

Yap. Benar. Kalau semisal proyek atau pekerjaan yang jadi dokumentasi ternyata gagal, kemungkinan reputasi pembuatnya menurun. Tapi semisal sukses, reputasi dan pengaruh pembuatnya bisa meningkat JAUH lebih tinggi dari sebelumnya.

Yaudah, daripada ngambil risiko kayak gitu, mending cari aman. Gausah dibuat dokumentasi aja. Hahaha.

Itu persis apa yang saya lakukan dulu. Persis apa yang sudah saya lewati. Minim bahkan tidak ada dokumentasi dari apa yang saya lakukan.

Beberapa memang buruk dan berdampak pada reputasi. Beberapa lainnya yang sukses (tidak terekspos), luar biasa pengaruh sosialnya untuk saya. Sayangnya, dokumentasi tidak ada sama sekali.

Kesalahan sudah saya buat. Saatnya move on. Saya akan mendokumentasikan semuanya — baik dan buruk.

>